Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Kamis, 13 Agustus 2009

Cara Islami Meningkatkan Kecerdasan

Barusan baca di Republika Online, ada tanya jawab di bawah ini, semoga bermanfaat

Cara Islami Meningkatkan Kecerdasan

By Republika Newsroom
Kamis, 13 Agustus 2009 pukul 08:54:00

Pertanyaan

Assalamualaikum Pak ustadz...

Saya seorang mahasiswa semester 2. Selama 2 tahun belakangan, saya merasa prestasi akademik saya menurun drastis. Bukannya saya bermaksud sombong, tapi dulu saat saat saya SD,SMP, sampai kelas 2 SMA, Alhamdulillah, saya selalu dapat rangking 3 besar dan bisa memperoleh sekolah-favorit favorit yang ingin saya tuju, serta daya ingat saya sangat kuat,saya bisa menghafal bacaan dalam waktu sangat singkat.

Tapi, saat ini, saya mengalami kebalikannya, saya sangat pelupa, bahkan saya sering kali lupa apa yang saya ingin ucapkan, yang lebih parah, saat lulus SMA saya tak bisa lulus UI dan akhirnya harus kuliah di UNPAR. Saat kuliah ini, lagi-lagi saya dapat cobaan dengan IP saya yang jauh dari harapan. Padahal saya telah berusaha untuk belajar, dan apa yang saya pelajari cepat sekali menguap dari otak saya. Daya ingat saya jadi benar-benar payah!

Yang saya ingin tanyakan, adakah ibadah, doa, dzikir, atau pengobatan secara islami agar ingatan saya jadi cemerlang dan saya bisa kembali berprestasi secara akademik? Saya mohon saran,tips, dan trik dari pak ustadz ....

Terima kasih banyak..


Jawaban

Wassalamualaikm Wr Wb.

Semoga Allah memberikan ketabahan dan kecerdasan pada kita semua.

1. Pertama pastikan Anda dapat mengurangi dosa dan maksiat semaksimal mungkin. Jika kita seorang Muslim, maka dalam hal kecerdasan berlaku hukum "ilmu itu cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan pada hambanya yang maksiat."

2. Beberapa doa dan dzikir yang bisa anda amalkan adalah
a. Surat alam nasroh
b. Shalawat Ibrahim, yaitu shalawat yang dibaca saat tasyahud
c. Bacalah dzikir hasbiyallah wanikmal wakil, sebanyak-banyaknya.

Semoga Allah memberikan kecerdasan dan kekuatan hafalan pada anda yang bersemangat ini. Amin.

Tidak ada komentar: