Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Jumat, 24 Juli 2009

Belum Bisa Membaca

Tadi baca di inbox fb saya ada yang mengirim artikel di bawah ini, semoga bermanfaat dan semoga bisa saya praktekkan ke anak-anak saya.

Belum bisa membaca


Anak usia 5 tahun dan belum bisa membaca masih bisa dikatakan wajar karena masa anak sedang mengembangkan kemampuan baca tulis yang terjadi diusia 5 - 6 tahun. ini bukan berarti bisa membaca dan menulis pada usia 5 - 6 tahun tatapi masih dalam proses pengembangan membaca dan menulis. Bila sampai usia 7 tahun belum ada kemajuan yg berarti maka hal ini yang harus diwaspadai.

Tk berperan sebagai lembaga pendidikan yang memeiliki tujuan untuk mengembangkan kecintaan anak terhadap sekolah sebagai landasan motivasi untuk pendidikan selanjutnya. anak cenderung menolak belajar karena ia merasakan belajar itu sebagai siksaan, seperti harus duduk diam beralama - lama dikursi. anak usi a5 tahun masik aktif bermain jadi sulit untuk mengharapkan mereka untuk duduk tenang belajar seperti layaknya anak SD. Berikut adalah cara alternatif belajar sambil bermain yang kita pakai di PAUD Anak Berang - Berang yang bisa anda coba di rumah, khususnya untuk area persiapan membaca:

1. Berburu Harta Karun
Gunting huruf2 besar dari majalah atau koran bekas lalu sembunyikan di sudut2 ruang ex : dibawang bantal, kolong meja, dll. minta anak mencari " harta karun " tsb. Setiap anak menemukan minta anak menyebutkan huruf apa itu. Tapi sebelum disembunyikan huruf2 itu diberi tahukan terlebih dahulu bunyi hurufnya baru disembunyikan.

2. Lompat Huruf
Anak2 menginjak sambil melompat dan menyebutkan bunyi hurufnya.

3. Dadu Huruf
Buatlah dadu berukuran 20x20x20 cm dari karton dan tuliskan huruf disetiap sisinya. gelindingkan dan minta ank menyebutkan hurufnya.

4. Kantong Huruf
Buat huruf2 dari kertas amplas dan masukkan dalam kantong. Lalu minta ank memasukkan tangannya kedalam kantong dan suruh anak menebak huruf apa yang ia pegang.

5. Menulis di pasir
Biarlah anak menulis diatas pasir yg bersih dengan menggunakan jari atau kayu kecil bekas pegangan es krim.

6. Menulis dengan senter
Sebelum tidur matikan semua lampu di kamar gunakan sinar dari senter untuk mebentuk huruf di langit2 atau diding kamar. minta anak menebak bentuk huruf yang anda tuliskan. Mainkan secara bergantian.

Mudah2an ini bermanfaat bagi para orang tua yang mau mengajarkan persiapan membaca pada anak2nya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: