Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Kamis, 10 Desember 2009

Toilet Training

Hari ini di twitter lagi rame topiknya teman2 lagi pada natur-menatur atawa toilet training. Sekedar berbagi saja pengalaman saya ke anak-anak.

Kalau si kakak Nashwa, dulu dari umur sekitar 2 bulanan sama ibu (waktu itu ibu masih sering datang ke Bandung) tiap 15-30 menit dibawa ke kamar mandi (toilet) terus ditatur. Ya, memang harus konsisten dan kitanya menyempatkan diri untuk menatur. Lama-lama kelihatan bahasa tubuhnya kalau mau pipis atau pun pup. Kalau awal-awal kalau malam hari masih pakai diaper, ketika sudah mulai ditatur itu jadi gak pakai diaper lagi. Pakai diaper kalau pergi-pergi saja. Akhirnya mulai sekitar 3-4 bulan gitu si kakak sudah jarang ngompol lagi. Begitu mulai 1 tahunan dan sudah mulai bisa ngomong dikit-dikit, kalau mau pipis atau pup si kakak bilang "iik", "ma, iik".
Tapi waktu umur sekitar 2 tahun 10 bulan waktu kami pindah ke rumah kami sendiri (setelah sekian lama jadi kontraktor alias pengontrak), si kakak jadi ngompol dan pup di celana lagi. Mungkin kaget kali ya karena gak beda sama rumah kontrakan. Awal-awal di rumah malah beberapa hari gak pipis dan pup. Benar-benar gak mau, ditahan deh kayaknya. Akhirnya ya sudah biarin saja dulu ngompol lagi. Nanti juga lama-lama kalau sudah terbiasa di rumah akan balik lagi seperti dulu.
Kalau pup biasanya si kakak diam saja, cuma berdiri tapi sambil ngeden-ngeden gitu. Kalau dibawa ke kamar mandi gak mau (dulu toiletnya terpaksa ganti yang toilet jongkok karena si kakak gak mau pakai yang toilet duduk - ya wis ngalah buat anak). Tapi lama-lama pelan-pelan diajak ke kamar mandi mau lagi. Kira-kira umur 2,5 tahun kakak sudah benar-benar balik lagi, gak ngompol dan pup di celana lagi. Alhamdulillah, jadinya sekolah di playgroup sudah gak perlu cemas kalau si kakak ngompol.

Kalau si dedek Azzah, latihannya sebenarnya sama saja dengan kakaknya. Cuma agak lama karena si dedek dulu dititipin di TPA yang mengharuskan pakai diaper kalau anaknya belum bisa mandiri (pipis dan pup). Jadi perlakuannya cuma di rumah saja. Kalau malam hari dan waktu liburan saja dedek gak pakai diaper. Tapi lumayan juga dedek jarang ngompol. Kalau sekarang berhubung si dedek sudah di rumah paling kalau pergi yang agak jauh dan agak lama saja si dedek pakai diapernya. Itu juga seringnya sampai di rumah diapernya masih kering. Sekarang kalau pakai diaper dan mau pipis malah si dedek suka bilang pipis. Saya bilang saja ya sudah pipis saja, gak papa kok pipis di diaper. Tapi sepertinya dedek sudah gak nyaman pipis di diaper. Jadi kalau sudah nyampai rumah diapernya harus cepat-cepat dilepas. Berhubung dulu sempat nyetok diaper, sekarang di lemari masih ada 2 bungkus diaper. Ya, semoga si dedek gak ngompol lagi. Amin.

Tidak ada komentar: