Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Selasa, 24 November 2009

Mengungkap Rahasia Para "Pemeran" Pengganti

Ini bukan ngomongin tentang stuntman alias pemeran pengganti di film-film itu lho. Ini ngomongin tentang bumbu atau bahan pengganti dalam resep masakan. Kadang-kadang kita menemukan resep yang di dalamnya disebutkan daun basil, daun mint, juga oregano, seperti terdapat pada kebanyakan masakan Eropa, atau bahkan bahan-bahan yang sudah jelas status keharamannya. Nah, itu yang akan kita bahas di bawah ini bahan-bahan yang dapat menggantikannya.

Ini saya kutip dari Ummi Spesial November 2009. Semoga bermanfaat.


  1. Ang ciu, mirin, sake

- Untuk ang ciu bisa diganti dengan 1 sdt cuka apel, 1 sdt kecap asin, dan ½ sdt gula pasir.

- Mirin bisa diganti dengan 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdt kecap manis.

- Sake bisa diganti dengan 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdt gula pasir.

  1. Red wine

Untuk menggantikan red wine, kita bisa menggunakan jus anggur, jus cranberry, dan jus tomat.

  1. Rhum

Sebagai penggantinya, kita bisa menggunakan penambah aroma yang lain, seperti essens vanilla atau essens buah-buahan (kalau dulu saya pernah baca –lupa di mana- bisa diganti dengan madu).

  1. MSG / penyedap rasa

Bila kita ingin menghindari penggunaan MSG, gunakan kaldu daging alami sebagai pengganti MSG, cita rasa masakan akan lebih lezat secara alami. Atau, sedikit gula pasir dan garam bisa kita gunakan sebagai pengganti MSG (kalau kata Pak Wied Harry Apriadji gunakan saja bawang merah dan bawang putih goreng yang dihaluskan).

  1. Jeruk nipis

Bisa diganti dengan lemon. Justru aroma jeruk lemon lebih sedap dan kandungan airnya lebih banyak, namun harganya lebih mahal.

  1. Asam

Untuk kelompok asam-asaman, semisal asam kandis, asam gelugur, asam sunti, asam jawa, belimbing wuluh bisa saling menggantikan sebab yang diambil memang cita rasa asam dari bumbu ini. Hasil masakan pun akan memiliki cita rasa yang mirip.

  1. Daun basil

Bisa diganti dengan daun kemangi karena aromanya lebih mendekati dibandingkan daun salam.

  1. Daun mint

Daun mint memiliki rasa dan aroma yang khas. Memang agak susah menggantikan daun ini, namun jika tidak tersedia bisa diganti dengan daun jeruk purut.

  1. Jintan

Bila tidak menemukan jintan, gunakan saja kapulaga bubuk.

  1. Klabet

Bisa diganti dengan kemiri karena sifatnya yang mengentalkan dan gurih, hampir sama dengan kemiri.

  1. Santan

Santan bisa diganti dengan susu atau susu kedelai. Susu yang digunakan sebaiknya susu tawar cair atau bisa juga susu bubuk yang dilarutkan dengan air. Perbandingannya, 100 ml santan digantikan dengan 100 ml susu tawar cair.

  1. Gula

Gula memberikan rasa manis di dalam masakan, selain memberikan efek aroma karamel yang yang lezat pada makanan panggang. Kalau enggan menggunakan gula, kita dapat menggantinya dengan dengan madu, atau simple syrup. Sedangkan untuk masakan Jawa, gula bisa diganti dengan gula jawa (kalau say abaca bukunya Ena Lubis – juri MKH- gula bisa diganti dengan gula jagung).

  1. Bawang putih

Sebagian orang mungkin tidak menyukai bawang putih karena aromanya yang menyengat. Alternatif yang bisa digunakan adalah bawang lokio atau bawang Bombay karena kedua bawang ini memiliki aroma yang lebih ringan, tidak setajam bawang putih.

  1. Oregano

Dalam masakan Italia, semisal spaghetti, oregano merupakan salah satu bumbu yang digunakan. Bila kita sulit mencari oregano, maka kita bisa menggunakan daun kemangi yang dikeringkan sebagai penggantinya.

  1. Kencur

Hidangan berkuah, seperti sayur bening, ada yang menggunakan kencur sebagai bumbunya. Bumbu ini bisa diganti dengan temu kunci.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih ya mb DWI utk infonya :)

djtiwi14 mengatakan...

kalo minyak zaitun dan minyak sayur bisa diganti dengan apa ya??
minyak goreng biasa gitu boleh gk?

Rohman Efendi mengatakan...

Terimakasih. Sangat membantu untuk eksperimen di dapur

Diki mengatakan...

Makasih bngtt....cari origano dan basil susah bngtttt..akhir nya bisa tau skrng pnganti nya...