Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Senin, 23 September 2013

Kakak Demam

Kemarin hari Minggu, si kakak demam. Pagi dinihari sekitar jam 1, si kakak bangunin saya "Ma, kakak panas" katanya. Karena saya baru tidur sekitar jam 12 lebih, mata juga masih ngantuk berat, saya cuma bilang "sudah kakak tidur aja dulu biar cepat sembuh". Habis itu saya merem lagi. Jam 3.30 si kakak bangunin saya lagi sambil menangis "Ma, panas banget, kakak sudah tidak kuat". Waduh ini serius nih harus bangun. Akhirnya saya suruh minum air putih yang banyak sambil saya kompres. Papanya juga ikut bangun, mijitin kakinya. Saya nyari-nyari termometer kok ya ndilalah ga ada. Obat penurun panas juga ga ada persediaan :(. Karena anak-anak alhamdulillah sudah lama ga pernah sakit, saya sedikit terlena. Ga sedia obat penurun panas :(. Ya sudah sementara dikompres dulu sambil perbanyak asupan cairan, banyakin minum air putih. Habis itu si kakak saya peluk terus tidur.
Paginya papa beli termometer sama obat penurun panas. Biasanya obat penurun panasnya Tempra, tapi karena lagi ga ada yang 6 tahun ke atas, papa beli Termorex sama Tempra tapi yang buat 1-6 tahun. Ya sudah ga papa. Si dedek lihat ada Tempra langsung diambil buat dia he³. Waktu diukur suhunya kalau ga salah 37,9°C. Papa beli juga bubur ayam buat sarapan anak-anak karena saya belum sempat masak. Habis sarapan saya minumin obatnya. Eh si kakak habis minum obat muntah. Basah ke mana-mana. Ya sudah ga papa, biar keluar kotorannya, biar lega, nanti biar cepat sembuh.
Saya kompres lagi. Diukur lagi suhunya lha kok malah naik, jadi 38,5°C. Suruh minum air putih lagi yang banyak. Terus suruh istirahat, tiduran lagi. Sambil saya kompres lagi, saya tinggal ngerjain kerjaan rumah, nyuci baju, nyuci piring, nyetrika. Alhamdulillah si dedek ga rewel. Si dedek ikutan ngejagain dan ngerawat kakaknya. Bantuin ngompres, pura-pura meriksa kakaknya pakai stetoskop mainannya he³ lucunya.
Siangnya saya buatin sayur bayam sama puding. Alhamdulillah habis makannya. Habis makan minum obat lagi, kakak udah siap-siap kalau muntah lagi. Saya suruh siapin plastik, nanti kalau muntah biar ga kotor ke mana-mana (lumayan je, bersihin bekas muntahannya di baju, bantal sama selimut tebal. Dicucinya sih pakai mesin cuci, cuman bekas muntahannya kan harus dibersihin dulu. Nah ini yang manual :)).
Sampai sore belum turun-turun juga demamnya, antara 38,2° - 38,4°C. Untungnya sih si kakak masih mau makan pisang, minum susu, jadi ga lemas-lemas banget. Habis mandi sore, tidur lagi si kakak, sampai malam ga makan malam. Sama kak, mama capek banget, makan malam lewat :). Malamnya dicek lagi suhunya alhamdulillah sudah turun ke sekitar 36 - 37°C. Padahal siangnya sudah heboh besok gimana, mana cuti saya sudah habis. Ya terpaksa izin kalau si kakak masih sakit. Ya gitu deh, sekarang cuti itu sangat berharga sekali, makanya saya paling ga suka ada cuti bersama yang memotong jatah cuti tahunan. Sebel banget deh pokoknya. Orang ga mau cuti kok dipaksa cuti, giliran butuh cutinya jadi ga bisa gara-gara sudah habis.
Tadi pagi pas mau berangkat sudah wanti-wanti ke si kakak, jangan capek-capek di sekolah. Mudah-mudahan sehat selalu ya kak, jangan sakit lagi :)

Tidak ada komentar: