Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Senin, 21 Oktober 2013

Perpanjangan SIM

Jadi ingat mau cerita tentang perpanjangan SIM saya. Karena dulu waktu buat SIM yang lama saya masih pakai KTP kota, sementara sekarang KTP saya sudah KTP kabupaten, makanya saya buatnya mutasi SIM perpanjangan. Prosesnya kita harus cabut berkas SIM kita yang lama di tempat kita buat SIM yang lama. Saya cabut berkasnya Sabtu minggu kemarin. Awalnya mau sekalian cabut berkas, sudah selesai langsung berangkat ke Polres Soreang, tapi dipikir-pikir takut ga sampai, ya sudah Sabtu minggu kemarin itu cabut berkas saja, minggu depannya (Sabtu kemarin) baru ke Polres Soreangnya buat perpanjangan. Kalau cabut berkas itu kan bisa diwakilkan, ya sudah saya minta tolong ke suami untuk mengurusnya. 

Proses / berkasnya:
  1. Buat surat kuasa bermaterai (karena diwakilkan);
  2. Fotokopi KTP baru, SIM lama (saya fotokopi sekitar 10 biar ga bolak-balik sekalian nanti buat yang perpanjangan);
  3. Ke Polresta Bandung buat cabut berkas, dibuatkan pengantar dari Polresta Bandung karena mutasi;
  4. Biaya Rp50.000,00 (untuk 2 buah SIM - SIM A dan SIM C). Saya tidak tahu biaya ini resmi atau tidak :)
Yang pasti ada untungnya juga saya ga pergi karena hari Sabtu minggu kemarin tanggal 12 Oktober 2013 itu gila banget Bandung macetnya. Parah banget deh. Mungkin karena libur panjang Idul Adha jadinya orang-orang luar kota pada 'nyerbu' Bandung. Sorenya ngobrol sama ibu teman si kakak, ibu itu cerita kalau perjalanannya tadi siang cuma di dalam kota, baru nyampai rumah sekitar jam 17.30. Gila......benar-benar gila macetnya.

Kemudian baru Sabtu kemarin tanggal 19 Oktober 2013 saya ke Polres Soreang ngurus perpanjangan SIM. Rencananya mau berangkat pagi-pagi biar sampai di sana ga kesiangan dan dapat nomor antrean kecil. Tapi akhirnya kami berangkat jam 07.30. Sampai Soreang sekitar jam 9. Langsung masuk ke bagian SIM, dikasih tahu sama petugasnya kalau harus ke bagian Tes Kesehatan dulu di depan. Suami saya bilang lho dulu itu di dalam dekat BRI. Kata petugasnya sekarang di depan Pak, nyebrang dulu. Ya sudah ke sana dulu. Kemarin sih saya cuma ditanya berat badan (langsung ke timbangan badan), tinggi badan, terus pakai kacamata atau tidak, terus disuruh lihat di buku tes buta warna itu, ditanya ini angka berapa, terus yang itu angka berapa. Sudah selesai diminta fotokopi KTP sama SIM lama yang asli. Karena buat 2 SIM, makanya surat kesehatannya juga 2. Biayanya Rp20.000,00 per surat (keterangan: ga dikasih kuitansi).

Setelah dari bagian Tes Kesehatan, masuk lagi ke tempat pelayanan SIM. Sama petugasnya diganti mapnya, terus diteliti dan distempel mutasi sama perpanjangan kalau ga salah. Terus saya disuruh bayar dulu ke BRI. Bayar untuk 2 buah SIM Rp155.000,00 (SIM A Rp80.000,00, SIM C Rp75.000,00). Habis itu saya masukin berkasnya di loket 2. Sampai di situ sudah banyak sekali orang. Saya masukin berkasnya ke loket 2, kata petugasnya taruh aja, nanti dipanggil. Sekitar 5-10 menit dipanggil untuk dapat nomor antrean. Masukin lagi berkasnya di loket data entry, tinggal nunggu untuk dipanggil buat difoto dan sidik jari. Ternyata begitu saya menunggu itu baru setelah itu mulai ada panggilan untuk difoto. Jadi menghibur diri sendiri, saya ga telat-telat amat. Toh yang antre dari tadi pagi juga baru dipanggilnya sekarang. Saya dapat nomor antrean 054. Dipanggil untuk difoto jam 09.50. Cepat kok prosesnya. Oleh petugas foto, dibacakan data-data kita, kalau ada yang salah kita bisa mengoreksinya. Karena untuk 2 SIM, saya difoto dan diambil sidik jarinya 2 kali (kenapa harus 2 kali ya? Kan bisa tinggal dimasukkan datanya ya. Ah ga tahulah saya, ga papa juga cepat kok prosesnya). Habis itu saya nanya petugasnya nanti pangambilan SIMnya di mana? Kata petugasnya nanti di depan, di area merokok. Waduh, nunggu di area merokok? Mana saya bawa anak-anak gini :(. Akhirnya saya nunggu di tempat saya nunggu dipanggil foto. Pas saya lihat ada petugas yang bawa setumpuk SIM gitu, saya ikut keluar sambil nunggu barangkali ada SIM saya di situ. Ternyata belum ada. Akhirnya nunggu lagi. Pas petugas berikutnya bawa setumpuk SIM lagi, saya lagi ngapain ya kemarin kok ga merhatiin. Begitu lihat keluar baru sadar ada pembagian SIM lagi. Pas saya keluar pas sudah selesai, tapi saya lihat di tangan petugas itu ada 2 buah SIM. Langsung saya tanyakan SIM atas nama saya, alhamdulillah 2 buah SIM itu ternyata atas nama saya. Ya sudah langsung diserahkan ke saya, saya terima sambil bilang terima kasih. 

Jadi total waktu saya ± 1 jam. Kayaknya kurang sih he³. Pokoknya urus saja sendiri, cepat dan mudah kok sekarang ini. 

Jadi proses / berkasnya:
  1. bawa surat pengantar dari Polres yang lama;
  2. fotokopi KTP;
  3. SIM lama;
  4. tes kesehatan, biaya Rp20.000,00 per surat;
  5. masukin berkas ke petugas untuk diteliti;
  6. bayar biaya perpanjangan SIM (SIM A Rp80.000,00, SIM B Rp75.000,00)
  7. masukin berkas ke loket 2 (perpanjangan);
  8. nunggu untuk dapat nomor antrean;
  9. dapat nomor antrean, masukin berkas ke loket data entry;
  10. nunggu panggilan foto;
  11. difoto dan diambil sidik jari;
  12. nunggu SIM kita jadi;
  13. dipanggil untuk ambil SIM;
  14. selesai.
Itu pengalaman saya waktu perpanjangan SIM kemarin. Sebelumnya sempat cari info di internet, ada yang nyaranin  bawa uang pecahan untuk bayar-bayar selain biaya perpanjangan. Misalnya waktu pengambilan SIM. Tapi kemarin saya ga bayar tuh. Jadi bayar sesuai ketentuan saja, tes kesehatan sama perpanjangan SIM. Etapi tes kesehatan ga pakai kuitansi itu resmi apa ga ya? He³. Mungkin itu dulu kali ya, atau beda Polres beda kebijakan ga tahu saya ya. Yang pasti kemarin prosesnya cepat dan mudah, cuma sayang pengambilan SIMnya kenapa di area merokok. Itu saya yang saya sayangkan. Kasihan orang-orang yang bukan 'ahli hisab' yang harus menghirup asap rokok.
Terus ada yang nyaranin bawa bolpen sendiri biar ga lama antre ngisi ini itu. Kemarin saya mah ga ada tuh ngisi apa-apa. Cuma terakhir saja isi di buku pengambilan SIM :).

Oh iya, jangan lupa sebelumnya cari info dulu jam pelayanan SIM jam berapa sampai jam berapa. Kalau Polres Soreang kalau hari Sabtu jam pelayanan SIM 08.00 - 12.00, tapi kemarin kayak lihat sampai jam 13.00, untuk pendaftaran jam 08.00 - 10.00.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: