Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Senin, 04 Januari 2010

Imunisasi

Kemarin hari Sabtu, dedek imunisasi tiphoid. Karena sudah 2 tahun imunisasinya tiphoid sama Hepatitis A. Kirain teh bisa dua-duanya barengan gitu, he...he...he... Ternyata satu-satu. Waktu ditanya sama dokternya mau yang mana dulu, saya jadi bingung. Dokternya ngasih tahu kalau tiphoid harganya 100ribuan dan Hepatitis A 200ribuan. Saya sempat nanya juga ke dokternya kebanyakan yang mana dulu. Sama dokternya dijawab terserah orang tuanya. Setelah diskusi sebentar sama suami, ya sudah yang tiphoid dulu saja deh, nanti minggu depannya baru yang Hepatitis A.

Waktu si dedek diperiksa sama dokternya, sudah mau nangis saja dia. Saya membujuknya, bentar kok dek. Akhirnya disuntik di pahanya, nangis bentar tapi habis itu langsung diam lagi. Habis itu konsultasi lagi sama dokternya, berhubung berat badan dedek gak naik-naik, masih tetap bertahan di angka 10 kg, dokternya menyarankan agar porsi makannya diperbanyak dan lebih sering. Juga agar lebih banyak diberi makanan yang berprotein tinggi dan banyak kalori. Sama dokternya juga dikasih vitamin, tapi sama dokternya juga dikasih tahu kalau vitamin itu cuma stimulasi, cuma suplemen saja jangan dicekok sama vitamin saja atau dikasih Pediasure, tapi utamakan asupan makanan buat si dedek.

Habis itu saya lihat di buku imunisasi dedek, ternyata untuk 6 tahun ada imunisasi Campak sama MMR. Waduh berarti si kakak harus imunisasi lagi dong. Insya Allah nanti saja barengan sama dedek minggu depan.

Saya juga nanya ke dokternya, karena saya mau menyapih dedek Azzah, kalau obat sariawan (Abotyl) itu boleh gak dipakai buat menyapih - dengan dioleskan di payudara - kata dokternya mendingan gak usah, takut nanti si dedek trauma. Lebih baik dengan kata-kata saja misalnya ASI-nya sudah habis, dedek kan sekarang sudah besar, jadi sudah gak boleh nenen. Ya memang harus tega. Jadinya dipraktekkan kemarin selama 2 malam meskipun tetap aja ada rasa gak tega, tapi harus (memaksa) untuk tega karena dedek nangis terus, tapi kami berusaha untuk mengalihkan ke hal-hal lain supaya dedek lupa minta nenen. Alhamdulillah kemarin siang dan tadi malam dedek gak minta nenen, tapi tetap saja nangisnya kenceng banget. Memang untuk menyapih itu harus ada kerjasama antara ibu, ayah, dan anak yang disapih (plus anggota keluarga yang lain kalau ada). Dalam hal ini peran ayah sangat dibutuhkan. Alhamdulillah sekarang papa sangat berperan (makasih ya, Pa). Kalau dedek nangis gitu langsung diajak sama papanya, diajak main, dipijat, diambilin minum, pokoknya diusahakan untuk dialihkan biar gak minta nenen. Mudah-mudahan berhasil. Amin.

Tidak ada komentar: