Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Senin, 22 Desember 2008

Setahun yang lalu


Setahun yang lalu, 22 Desember 2007, dedek Azzah lahir.
Tepat pukul 00.40 WIB, lahirlah bayi merah mungil.
Seperti kakaknya (Nashwa), saya tidak mengalami mulas seperti halnya ibu-ibu lain yang mau melahirkan.
Waktu susternya nanya "Bu, udah kerasa mules belum?"
Saya jawab "Nggak mules tuh"
Tapi begitu dilihat ternyata udah bukaan 8.

Menurut dr. Lina, saya diperkirakan melahirkan tanggal 22 Desember 2007.
Tanggal 21 Desember 2007 malam saya kontrol ke dr. lina di kliniknya.
Masuk ke ruang prakteknya kurleb pukul 20.30 WIB.
Sama dr. Lina dilihat ternyata udah bukaan 2, langsung disarankan untuk masuk rumah sakit malam itu juga karena kemungkinan lahiran nanti dinihari.
Habis itu langsung kami antar kakak Nashwa ke rumah dan menidurkannya dulu karena selama ini dia belum pernah saya tinggal di malam hari.

Setelah kakak Nashwa tidur, maka kami berangkat ke rumah sakit. Cuma berdua saja karena ibu saya belum datang dari boyolali.
Di perjalanan saya telpon ibu saya, mohon doa restu dan minta maaf bila ada salah baik yang disengaja maupun tidak karena menurut saya melahirkan itu adalah perjuangan hidup dan mati.
Saya tidak tau apakah saya masih diberi umur oleh Allah SWT.

Saya masuk rumah sakit kurleb pukul 22.00 WIB, langsung masuk ke UGD untuk daftar, kemudian naik ke lantai 2 (ruang persiapan melahirkan-gak tau apa namanya, kayaknya seperti itu deh). Langsung diperiksa suster jaga, diambil darah, terus dipasang alat untuk memantau detak/gerak janin (CMIIW). Ups ternyata lumayan pegal, punggung udah kerasa panas (kurleb ½ jam-an).

Kata dr. Lina sebelumnya, kalau sampai pukul 22.30 WIB bukaannya gak nambah-nambah, maka harus diinduksi. Waduh ngeri juga nih kalau harus diinduksi, soalnya dengar-dengar sakitnya bukan main.
Tapi alhamdulillah bukaannya nambah dan semakin sakit n panas punggung ini.
Ya Allah kuatkan hamba-Mu ini.
Sekitar pukul 23.30 saya masuk ke ruang persalinan.
Wah semakin deg-degan aja nih.
Waktu itu deg-degannya lahirnya si dedek jadi pa gak tanggal 22 Desember, jadi lihat jam terus, begitu udah lewat angka 12 lega, jadi deh nglahirin tanggal 22 he..........he......sambil tetep meringis menahan sakit di punggung.

Habis itu udah siap-siap, sama susternya dilihatin terus udah bukaan berapa. Saya disuruh agak duduk dan pegangan kaki siap-siap ngeden.
Pokoknya dibimbing terus sama dia.
Ada gunanya juga ikutan senam hamil meskipun kalau udah sakit banget suka kelupaan.
Waktu air ketubannya pecah (atau dipecahin?) kerasa banget ngucur kencang kayak orang pipis, banyak banget, jadi basah banget.
Udah dr. Linanya datang, siap-siap deh. Karena sebenarnya suami gak kuat nglihat proses melahirkan, jadinya dia cuma megangin tangan saya aja, menguatkan saya, ayo kuat ma, dikit lagi, dikit lagi, sambil nglihatin ke arah muka saya karena dia gak kuat lihat ke arah sebaliknya.

Ya Allah ternyata meskipun saya pernah melahirkan, tetap aja sakitnya gak ketulungan.
Saya udah hampir menyerah, tapi sama dokter dan susternya terus dikasih semangat, ayo bu.....ayo bu jangan menyerah, kasihan dedeknya, itu udah kelihatan kepalanya, bentar lagi, tinggal dikit lagi.........ayo bu.........
Akhirnya datang 2 orang suster yang membawa selang untuk ngebersihin hidung ama mulut dedek dan bawa kain bedong, wah saya timbul semangat lagi......... berarti tinggal bentar lagi udah mau keluar nih dedek.
Akhirnya dengan ngeden sekali lagi keluar deh kepala dedek bayinya.
Karena terlalu semangatnya, saya masih ngeden lagi. Langsung sama dokter dan susternya dibimbing lagi. Udah bu.....hap...hap....hap....gak usah ngeden lagi karena udah gak perlu, tinggal ngeluarin bahunya.
Akhirnya keluarlah bayinya.
Alhamdulillah ya Allah.

Langsung sama suster dibersihin seperlunya, kemudian ditaruh di dada saya untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Eh dia langsung pup dan langsung dibersihin sama suster.
Dia tampak menggapai-gapai mencari puting payudara saya. Tangannya sempat memegang puting payudara kiri saya, tapi belum sempat bibirnya nenen, udah diangkat sama suster karena saya menggigil kedinginan.
Maaf ya Nak, mama gak bisa IMD, tapi mama udah berusaha

Mungkin saking semangatnya saya ngeden tadi sampai saya menggigil kedinginan.
Waktu saya tanya ke suster kenapa saya sampai menggigil, jawabnya kemungkinan karena saya negdennya terlalu semangat tadi.
Cukup lama juga saya menggigilnya sampai-sampai saya diselimuti selimut yang tebal itu rangkap 2 apa tiga lupa saya.
Kemudian di atas saya ditaruh lampu yang agak besar untuk membantu menghangatkan.

Kurleb 1-1½ jam kemudian saya dilap terus ganti baju. Kata suster mau dimandiin sekalian gak. Jawab saya ntar aja deh, bentar lagi juga udah subuh. Ntar saya mandi sekalian.
Ya udah habis itu saya diantar ke ruang perawatan. Tapi saya gak tau kenapa gak ngantuk, baru bisa benar-benar tidur sesaat menjelang subuh.

Tidak ada komentar: