Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Rabu, 27 November 2013

Culture Day

Hari ini, di sekolah kakak ada acara Culture Day. Jadi ada performance tari-tarian daerah, pameran benda-benda khas daerah, sama makanan alias kuliner daerah. Kalau performance anak-anak yang tampil, benda-benda khas daerah orang tua yang meminjamkan ke sekolah, sementara kalau makanan, orang tua masing-masing membawa makanan khas daerah. Saya sih tadi bawa serabi Solo *beli di Serabi Notosuman he³. Kata si kakak sih suruh bawa 100 biji *haiyah banyak amat :(. Tadi sih bawa 20 biji saja, kalau banyak susah bawanya soalnya naik kendaraan umum. Tapi mikirnya sih pasti kan banyak juga yang bawa makanan lainnya. Tadi lihat di area makanan, ternyata banyak sekali makanan di situ, sampai bingung mau makan yang mana aja.

Sebelum acara  dimulai, para orang tua diberi pertanyaan di kertas kecil dan disuruh menuliskan jawabannya di bawahnya diberi nama orang tuanya. Pertanyaannnya dari anak-anak, tentang Indonesia. Ada pertanyaan tentang nama tarian daerah Aceh, nama rumah adat daerah Jawa Tengah misalnya, nama gubernur suatu provinsi, dan lain-lain. Seru banget. Para orang tua langsung heboh. "Apa ya jawabannya?" Buka mbah google saja. Jadilah para orang tua semua buka smartphone masing-masing untuk menjawabnya. Ha³.

Eh iya, ternyata saya salah kostum. Tapi pede aja kali. Saya bacanya yang dresscode buat anak-anak, pakai manset hitam dan legging hitam, ga baca yang buat orang tua pakai batik atau baju daerah. Saya sih pakai baju kantor saja, kebetulan hari ini pakai biru-biru. Tapi saya lihat ada beberapa orang tua yang salah kostum juga kok. Hi³.

Tadi sih acaranya:
  1. Upacara adat (mama sama papanya Nauval yang mewakili, disambut, dipayungi terus dikalungi bunga)
  2. Sambutan kepala sekolah
  3. Tahfidz
  4. Mars Tunas Unggul (semua level 4)
  5. Angklung Salvia (level 4 Salvia)
  6. Tari Saman
  7. Tari Piring
  8. Angklung Torenia (level 4 Torenia)
  9. Tari Cik-cik Periuk
  10. Tari Medley
  11. Tari Kipas (sempat mati listrik, tapi tetap seru, alhamdulillah anak-anak semangat dan para orang tua menyemangati, akhirnya diulang lagi)
  12. Tari Merak (nah ini kakak perform)
  13. Tari Yamko (semua anak laki-laki level 4)
  14. Closing
Setelah closing, orang tua diarahkan ke ruangan di bawah masjid, di perpustakaan ada pameran barang-barang khas daerah, kemudian ke ruang makan. Ramai banget nih di ruang makan, makanannya melimpah ruah. Ada pempek, batagor, pecel, rawon, bubur pedas, roti jala, gudeg, colenak, surabi, serabi, tahu Sumedang, bala-bala, mendoan, rangginang, saroja, sosis Solo, combro, awug, donat, bacem,  lontong, bubur sumsum, es lidah buaya, apalagi ya, lupa, pokoknya banyak sekali.

Tidak ada komentar: