Daisypath Anniversary Years Ticker
Lilypie Kids birthday TickerLilypie Kids birthday Ticker


Selasa, 13 Januari 2009

di sekolah baru

aduh pusing, tadi si kakak mulai sekolah di sekolah barunya.
Dari rumah udah dikasih tahu kalau masu sekolah harus mau sendiri di kelas dan ditinggal mama, soalnya mamanya harus kerja, kalau gak mau ya mendingan di rumah aja gak usah sekolah.
Eh, nyampe sekolah keluar ogoknya, gak mau ditinggal dan gak mau ngomong, jadi we harus nemenin.
Bete juga, soalnya kan jadi kesiangan ke kantornya, gak enak soalnya hampir tiap hari datangnya agak siang habis nganterin si dedek ke TPA.

Ya udah deh tadi nanyain lagi ke kakak, mau sekolah dekat kantor mama apa dekat kantor papa.
Waduh jawabannya mbulet aja, pertamanya mau sekolah di situ aja, habis itu mau yang dekat kantor papanya.

Sebenarnya kalau mengikuti kata hati sih mendingan sekolah dekat kantor papanya, di situ TK-nya TK inklusi, jadi cocok buat anak "berkebutuhan khusus" kayak si kakak, sementara yang TK di dekat kantor mama tuh TK Islam dan ngelihatnya berat banget kayaknya, anak-anak itu tiap hari dikasih PR, bukannya udah gak boleh ya sama Diknas, terus udah diajarin baca tulis, tadi ngelihat bentar aja udah berasa pusing, apalagi ntar si kakak, kayaknya gak usah deh sekolah di situ.

Bukan autis sih, cuman ada kecenderungan ADD apa DSI gitu lupa namanya, dulu waktu ke psikolog, asal dia diterapi yang tepat dia bisa normal seperti anak kebanyakan.

Tadi sempat googling, ternyata sebenarnya di Indonesia itu sekolah inklusi itu harus diperbanyak, tapi mungkin karena SDM-nya baru sedikit jadi sekolahnya juga sedikit dan kebanyakan mahal.

Di situs My Special Child Centre, ada artikel bagus, mungkin emang si kakak harus ada yang mendampingi setiap dia sekolah, tapi siapa yang mau mendampinginya?
Sebenarnya kalau dilihat si kakak ini udah mulai keluar mandirinya, kalau lingkungannya nyaman maka dia mau sendiri, tetapi kami harus ada di luar gak ditinggal begitu aja.
Seperti waktu hari Sabtu kemarin di Fastrackids ama Globalart.
Ya, kami memang harus lebih banyak belajar bagaimana menangani anak berkebutuhan khusu seperti si kakak.

Tidak ada komentar: